Islammu Adalah Maharku

14 April 2020

Setelah sekian lama hiatus dari membaca novel akhirnya saya memutuskan untuk coba membeli buku ini. awalnya tidak berekspektasi banyak karena dalam pikiran berkata “paling hanya sekedar novel seperti pada umumnya dengan orientasi cinta-cintaan”. tapi ternyata hal itu terbantahkan, Ohhhh semua diluar bayangan saya. ini terlalu bagus untuk sekedar dibilang buku biasa. sebuah karya novel yang dipenuhi nilai-nilai pengetahuan Islam yang mudah dicerna oleh nalar dan dibalut dengan pemikiran zaman modern. aaah rasanya kita di ajak untuk berpikir juga secara rasional untuk lebih mengenal kandungan Al-Quran yang selama ini menjadi pegangan.

Adalah sosok perempuan luar biasa bernama syakila mampu membuat saya berimajinasi membayangkan betapa cantik parasnya dan mulia pekertinya yang selalu menutupi tubuhnya dengan jilbab panjang, pula bukan hanya cerdas secara akademik, tapi juga secara nurani, dia mampu menahan godaan untuk jatuh cinta kepada professor muda nan tampan dari taiwan. sosok Syakila yang selalu mengembalikan dan bercerita hal apapun itu kepada Allah membuat saya mempelajari banyak hal darinya. kejujuran dirinya untuk berdiskusi dan meminta pendapat kepada ibu adalah penggambaran sosok wanita yang bijaksana. sungguh indah sosokmu Syakila hingga membuat sang professorpun menjadi terpukau kepadamu.

dikarakter lelaki adalah prof. chen, professor muda yang mampu menyelesaikan gelar S1 dan S2nya di jurusan MIT hanya dalam waktu 5 tahun. WOW! kebayang betapa betapa cerdasnya dia apalagi dengan kampus yang prestigious di Amerika. Dengan penggambaran sosok tubuh yang tinggi 181 cm dan badan atletis putih menawan dengan rambut cepak serta kacamata, secara pasti membuat semua mahasiswi akan tergila-gila padanya. meki demikian sang prof dikenal dengan sosok yang killer sebagai dosen, tegas dan teratur serta penuh ambisi. Potongan kisah yang selalu terbayang dalam pikiran saya adalah ketika sang prof. melamar Syakila di danau Sun Moon Lake yang sangat romantis, menghiasi perahu dengan lilin merah bertuliskan “Will You Marry Me?” disertai melodi gitar diringi lagu The Keeper Of The Stars uuuuuh rasanya hal itu mampu membius siapapun untuk langsung berkata YES” tanpa berpikir panjang, tapi ternyata yang didapatinya adalah hal sebaliknya, penolakan yang dikarenakan perbedaan agama. Sungguh hanya wanita cerdas dan solehah yang mampu melakukan hal itu. Itulah awal dimulainya kisah perjalanan sang prof. mencari kebenaran Islam

Buku ini adalah novel yang sangat epic dengan kisah perjalanan mengejar cinta dan kebenaran islam yang sangat logis, membuka mata kita untuk mengenal islam dengan berbagai macam sudut pandang. Terdapat Ayat tentang siksa neraka yang dijabarkan oleh prof. nabil (seorang mualaf) yang diajak diskusi oleh prof. chen, bahwa “sesungguhnya orang-orang kafir terhadap ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka, setiap kali kulit mereka terbakar hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain agar mereka merasakan pedihnya azab. sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” Ayat ini membuat para Ahli untuk merenung lebih dalam. Dalam ilmu anatomi lapisan kulit manusia tersusun atas tiga lapisan global, yaitu epidermis, dermis, dan sub cutis. Di lapisan sub cutis inilah banyak mengandung ujung-ujung pembuluh darah dan saraf. Jika seseorang mengalami luka bakar parah hingga menembus lapisan ini maka salah satu tandanya adalah sang penderita akan kehilangan rasa nyeri. Dalam artian kulit yang telah hangus tidak akan merasakan lagi pedihnya rasa sakit akibat luka bakar namun tertulis dalam ayat itu kulit yang terbakar hangus akan diganti dengan kulit lainnya. maka telah jelas tergambar bahwa Al-Quran bukanlah buatan manusia karena mengetahui dengan detail tentang hal ini sementara Kitab Suci ini di turunkan 1000 tahun yang lalu disaat ilmu kedokteran belum berkembang pesat seperti sekarang. sebuah bukti kebenaran akan islam adalah agama yang sangat logis menyediakan banyak ilmu yang membuat professor nabil yang agnostik kembali berpikir dan mempercayai Keesaan Tuhan.

Beberapa point yang bisa saya pelajari dari novel ini adalah:

  1. Apapun hal yang saya hadapi dalam hidup ini, entah hal besar atau kecil, saya selalu memiliki Allah sebagai tempat kembali dan bercerita segalanya  ada Allah yang Maha mendengar yang mampu memberikan kedamaian hati ketika kita ingin berkeluh kesah kepadanya.
  2. Jika saya ridho dengan apa yang akan digariskan oleh Allah tentang apapun itu maka hasilnya akan sangat luar biasa diluar batas imajinasi saya sendiri
  3. cinta yang sejati adalah ketika saya mengerahkan segala usaha untuk mewujudkannya dan berdoa sepenuh hati serta menyerahkan keputusan final kepada-Nya maka Allah akan membukakan jalan yang terbaik untuk hati yang rapuh ini
  4. Islam dan Science adalah dua hal yang erat berhubungan. segala hal yang terjadi di bumi ini segala ilmu pengetahuan dasarnya telah termaktub dalam Al-Quran, tinggal kita manusia yang dituntut untuk selalu berpikir.
  5. mencari pasangan yang mampu diajak berdiskusi dan rasional hingga akhirnya saling membimbing mencari keridohan Allah SWT.

Semoga kita semua mendapatkan sosok pasangan yang bisa saling menunjukkan ke arah kebenaran dan bersama menuju Surga Allah.

1 komentar pada “Islammu Adalah Maharku”

  1. Masih boleh komentar, Mister?

    Tulisannya bagus, reviewnya lengkap dan tertata. Tapi lebih enak dibaca kalau lebih rapi aja hehe, setelah tanda titik (.) biasakan penggunaan huruf kapital ya, Mister. Semangat terus nulisnya, ditunggu tulisan selanjutnya 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s